Senin, 05 September 2016

Tetaplah pada Jalur Keilmuwan

"Dicari IT Support"
Iklan pekerjaan itu, pernah viral di media sosial Facebook (sayangnya saya tidak mendokumentasikan fotonya). Orang-orang menuding bahwa judul lowongan kerja dengan isinya kurang sesuai. Saya rasa memang benar. Karena setelah saya baca, permintaan employernya cukup bikin ngakak. Disitu ditulis bahwa sang IT support harus menguasai PHP, HTML, MySQL, Networking, Server, singkat kata, semua yang ada di dunia IT, dia harus kuasai. Seingat saya yang membuat kecewa pembaca bukan itu. Tetapi salary yang ditawarkan oleh employer tersebut. Kalau tidak salah sekitar 1 sampai 2 juta rupiah saja dan penempatan di ibukota tercinta ini.

Sedikit contoh saja, yang menyebabkan generasi Y kurang bersemangat untuk mendalami bidangnya masing-masing. Akibatnya, banyak generasi Y yang aslinya berbakat, namun memilih jalan lain yang lebih mudah.

image courtesy of www.generationy.ie

Dear generasi Y, saya mendapat sedikit wejangan dari Bapak F sesepuh generasi X. Beliau adalah orang yang cukup ternama di dunia smartcard Indonesia, dan kontribusi beliau sudah banyak untuk negara ini. Beliau berpesan tentang sekolah kita, dan tentang pekerjaan kita. Isi wejangan kurang lebih seperti ini
Banyak yang mengambil sekolah keinsinyuran, agrikultur dan kesehatan, namun mereka banyak yang terpaksa menjadi seorang bankir.
Kenyataannya memang pahit yang kita alami sekarang, ketika kita berharap dan memiliki cita-cita menjadi apa yang kita inginkan tetapi, yang kekeuh buka lowongan kerja adalah Bank. Saya pernah belajar dengan salah satu CEO publishing ternama di Jogjakarta, dan saya mengambil banyak pelajaran dari beliau bahwa bank mematikan ekonomi menengah ke bawah (dan saya sepakat akan hal ini, dari berbagai sudut pandang, serta hukum yang saya percaya).

Biarlah yang menjadi bankir tetap para ekonom. Para lulusan teknik dan yang lainnya harap tetap menjadi insinyur dan pada jalurnya masing-masing.

Pesan Bapak F tadi,
Tetaplah pada jalur keilmuwan dan membidangi keilmuwan tersebut. Jika anda seorang Insinyur, tetaplah jadi insinyur, karena 10 tahun lagi, tenaga anda dibutuhkan.
 Tetap berjuang keras, generasi Y. Lelahmu akan terbayar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar